Lengkap! Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Karyawan

BACAAN.NET – Contoh surat pengunduran diri sangat diperlukan bagi kebanyakan orang untuk tetap menjaga profesionalitas dalam suatu keadaan tertentu.

Surat pengunduran diri tidak hanya dibutuhkan di lingkungan kerja, namun juga di sekolah, komunitas, organisasi, kepanitiaan, yayasan dan struktur sosial masyarakat. 

Namun, keputusan untuk mengundurkan diri juga sebuah hal yang sensitif sehingga perlu adanya cara dan penyampaian yang baik, seperti dengan memberi surat pengunduran diri.

Sehingga anda tetap menjaga profesionalitas dan kesan yang positif pada perusahaan lama, serta menjaga nama anda untuk tetap baik. 

Masih banyak orang yang belum paham dengan cara pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar. Tidak sedikit yang membuat surat pengunduran diri  dengan asal, tanpa tahu tujuan dan format yang benar.

Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan pengertian, tujuan, alasan, format dan juga contoh surat pengunduran diri.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri
Gambar: Unsplash (Scot Graham)

Surat pengunduran diri merupakan surat yang dibuat dengan tujuan memberikan informasi tentang keinginan anda untuk keluar dari suatu keadaan tertentu.

Surat pengunduran diri adalah surat resmi yang isinya tentang permohonan kepada atasan, maupun penanggung jawab instansi.

Surat pengunduran diri tidak hanya diperlukan saat bekerja saja, namun juga dapat dibuat untuk aktivitas lainnya.

Pengunduran diri yang baik harus secara formal, karena jika hanya secara lisan akan mendapatkan pandangan negatif dan kurang sopan. 

Surat pengunduran diri ini ditujukan ke bagian Sumber Daya Manusia (SDM), Human Resource Development (HRD), ataupun bagian yang bertanggung jawab terhadap karyawan maupun anggota.

Surat ini dibutuhkan sebagai syarat administrasi dalam mengajukan pengunduran diri. Pentingnya surat pengunduran diri adalah menjaga hubungan dan nama baik. 

Oleh karena itu perlu diperhatikan format surat pengunduran diri, seperti isi, tujuan, dan menggunakan bahasa yang resmi, baik, benar serta sopan. 

Tujuan Surat Pengunduran Diri

tujuan surat pengunduran diri dari kantor atau pekerjaan
Gambar: Pexel (Ylanite Koppens)

Surat pengunduran diri memiliki peran penting untuk anda yang berkeinginan mengundurkan diri, selain anda akan terlihat sopan dan profesional.

Penting untuk diketahui, mengundurkan diri dari sesuatu aktivitas yang berhubungan dengan orang lain, merupakan hal yang sensitif, sehingga perlu diperhatikan tata cara penyampaian yang baik supaya tidak menyinggung perusahaan atau instansi.

Meski beberapa alasan berhenti didukung oleh beberapa faktor dari perusahaan atau instansi yang tidak sesuai dengan ekspektasi anda. Ada beberapa tujuan dari surat pengunduran diri;

  1. Status seseorang akan  yang jelas dalam instansi atau perusahaan tersebut
    Dengan memberikan surat pengunduran diri, anda bisa berdiskusi ulang dengan atasan, tentang masalah ataupun alasan dari memberikan surat pengunduran diri. Atasan anda pastinya ingin mengetahui alasan dibalik  pengunduran diri dengan lebih jelas dan jujur. 
    Dalam diskusi tersebut banyak kemungkinan terjadi seperti mendapatkan penawaran ulang. Jika disetujui maka anda akan mendapatkan status yang jelas di perusahaan tersebut yaitu tidak bekerja lagi dan memiliki hak untuk tidak mendapatkan kewajiban atau mengerjakan pekerjaan sebelumnya. 
  2. Perusahaan dapat membuka lowongan baru dan mencari pengganti
    Dengan memberikan surat pengunduran diri seseorang, jelas posisi orang tersebut kosong. Maka dari itu perusahaan dapat membuka lowongan baru jika posisi tersebut dirasa sangat penting dan dibutuhkan. 
  3. Menjaga profesionalitas
    Dengan surat pengunduran diri, tentu ada terlihat profesional dalam bekerja. Tidak pantas jika langsung menghilang atau ghosting perusahaan tanpa ada sopan santun. Surat pengunduran diri juga menunjukan jika anda memiliki tata krama yang baik, dan menjalin hubungan atau komunikasi yang santun. 

Alasan Pengunduran Diri

Gambar: Karolina Grabowska (Pexels)

Banyak aktivitas yang menuntut orang untuk berinteraksi, seperti ketika  bekerja, organisasi, sekolah, komunitas, kepanitiaan, dan aktivitas lainnya.

Tentu tidak lepas dari kenyamanan, keamanan, lingkungan, jenjang karir,  produktivitas maupun masalah internal dan eksternal saat bekerja.

Ketika masalah terjadi atau kenyamanan tidak terjamin, maka tidak sedikit orang akan memilih mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan mereka.

Alasan – alasan itu tentu ada karena banyak faktor, antara lain;

  1. Lingkungan kerja yang toxic, sehingga tidak membuat berkembang
  2. Keinginan menikah dan fokus dengan keluarga, ataupun permintaan suami
  3. Memiliki keinginan untuk berwirausaha
  4. Terlalu diforsir dalam pekerjaan
  5. Kurangnya apresiatif
  6. Visi Misi perusahaan/organisasi/komunitas yang tidak jelas
  7. Kesehatan yang tidak mendukung
  8. Melanjutkan sekolah lagi
  9. Ketidaksinambungan antara pekerjaan dan kondisi pribadi
  10. Kurang menantang dan ingin mencari tantangan baru
  11. Memiliki keinginan belajar hal baru atau lebih tepatnya bosan
  12. Stres 

Format Surat Pengunduran Diri

Format Surat Pengunduran Diri
Gambar: Pexels (Monstera)

Surat pengunduran diri harus tertulis resmi, jelas dan tidak berbelit. Menulis dengan singkat lebih baik, namun tetap mengandung tujuan yang jelas dari alasan pengunduran diri. Dengan begitu anda akan tetap terlihat profesional. 

Surat pengunduran diri karena bersifat resmi, ada beberapa format yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Menuliskan tanggal dan tempat, dimana pembuatan surat terletak di kanan atau kiri atas surat.
  2. Surat pengunduran diri harus berisikan alasan yang bisa diterima.
  3. Nama lengkap, jabatan atau status dalam perusahaan tersebut, dan atau alamat serta nomor identitas perlu ditulis sesuai kebutuhan.
  4. Ucapkan terima kasih kepada perusahaan atas kesempatan yang telah diberikan selama bekerja di tempat tersebut.
  5. Sampaikan permohonan maaf kepada instansi dan rekan kerja
  6. Sampaikan doa dan harapan untuk perusahaan. 
  7. Tanda tangan serta materai pada surat pengunduran diri.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Diri
Gambar: Karolina Grabowska (Pexels)

Contoh Surat pengunduran diri banyak jenisnya ada yang ditujukan sebagai karyawan, untuk sekolah, kantor dinas maupun yayasan. Berikut akan diberikan Contoh Surat Pengunduran diri:

Contoh Surat Pengunduran diri karyawan

Surabaya, 25 September 2021

Yth. HRD

PT Bangkit

di Surabaya

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Ainul Yaqin

Alamat: Jalan Krembangan Gang V No 100, Surabaya

Jabatan: Content Writer

Nomor ID (jika ada): 145090407111015

Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal 18 Oktober 2021

Saya ucapkan terima kasih, karena sudah diberikan kesempatan untuk belajar dan bekerja secara profesional di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya memohon maaf karena tidak dapat menjadi bagian lagi dalam perusahaan Bapak/Ibu di kemudian hari. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin semakin berkembang.

Demikian surat pengunduran diri yang saya buat dengan sepenuh hati dan kesadaran atas keingin saya sendiri, tanpa ada paksaan dari siapapun.

Hormat saya,

(Tanda tangan dan materai)

Ainul Yaqin

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah

Surabaya, 25 September 2021

Yth. Kepala Sekolah Menengah Atas Bangkit

Jalan Bangkit 1 No 100, Surabaya

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya:

Nama: Zidan Ismail

Jabatan: Guru Olahraga

Secara resmi mengundurkan diri dari posisi guru Olahraga di SMA Bangkit terhitung hari ini, 25 September 2021.

Saya ingin mengucapkan terima kasih pada rekan guru dan staf lain di SMA Bangkit atas pengalaman serta ilmu yang didapatkan selama mengajar di sini. Saya juga ingin meminta maaf kepada seluruh jajaran pimpinan sekolah, baik komite maupun yayasan bila terjadi kesalahan yang kurang berkenan. 

Semoga SMA Bangkit semakin berprestasi, baik pada bidang akademik mapun non-akademik, sehingga dapat mencetak generasi bangsa yang berakhlak mulia serta cerdas.

Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

(Tanda tangan dan materai)

Zidan Ismal

Contoh Surat Pengunduran diri dari Organisasi

Surabaya, 25 September 2021

Yth. Ketua Umum 

Organisasi Ikatan Pelajar Kaya Raya

di Surabaya

Melalui surat ini, saya bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri sebagai Koordinator Hubungan Masyarakat di Organisasi Ikatan Pelajar Kaya Raya, karena ada tanggung jawab lain yang mengharuskan saya untuk fokus, terhitung sejak tanggal 25 September 2021.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan selama saya menjadi bagian di organisasi ini. Saya memohon maaf, jika selama saya menjadi anggota maupun Koordinator sering melakukan kesalahan. 

Semoga dengan keluarnya saya dari organisasi ini tidak menjadi penghalang proses berkembangnya organisasi serta tidak menjadi penghambat  pimpinan yang lainnya untuk terus memajukan organisasi. 

Demikian surat pengunduran ini saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah disampaikan. 

Hormat Saya,

Robby Febrianto

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Kantor Dinas

Surabaya, 25 September 2021

Yth. Kepala Kecamatan Jambangan

di Surabaya

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Amir Hamzah bermaksud ingin mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Kepala Kepala Kelurahan Jambangan Kecamatan Jambangan Kota Surabaya terhitung sejak tanggal 25 September 2021.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bisa memimpin Dusun ini. Saya juga meminta maaf apabila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.

Saya berharap selalu, semoga Kelurahan Jambangan ini dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik kedepannya.

Hormat Saya,

Amir Hamzah

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Yayasan

Surabaya, 25 September 2021

Perihal : Pernyataan Pengunduran Diri

Yth. Kepala Yayasan Bangkit

Jalan Bangkit 100 Surabaya

Dengan hormat, 

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah:

Nama : Uzumaki Naruto

Tempat, tanggal lahir : Konoha, 30 Agustus 1968

Jabatan : Kepala Sekolah

NIP : 145090407111015

Alamat : Jalan Pahlawan Trip No 100, Surabaya

Terhitung per tanggal 25 September 2021 saya menyatakan mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai kepala sekolah SMA Bangkit.

Mengenai alasan dan berkas-berkas lainnya terkait alih tugas dan jabatan tercantum sebagaimana dalam lampiran surat ini. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan pengurus yayasan dan rekan-rekan guru. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan selama menjadi kepala sekolah. 

Sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya, 

Uzumaki Naruto

NIP. 145090407111015

Kesimpulan

Demikian Contoh Surat Pengunduran Diri dari perusahaan, organisasi, komunitas, yayasan yang bisa dijadikan acuan dan pedoman. Meski hanya sebuah surat, namun surat pengunduran diri termasuk surat resmi yang tidak bisa ditulis dengan asal.

Pengunduran diri merupakan hak bagi semua orang dan prosesnya butuh pertimbangan sehingga tidak ada pihak yang tersinggung. Semoga bermanfaat dan membantu anda yang memiliki keinginan mengundurkan diri. 

2 thoughts on “Lengkap! Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Karyawan”

Leave a Comment