Pengertian Ciri Struktur dan Contoh Teks Eksplanasi Lengkap!

BACAAN.NET – Contoh Teks Eksplanasi, tentu sudah pernah kamu temukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) tepatnya kelas 8, atau Sekolah Menengah Atas (SMA) tepatnya di kelas 11. Apakah masih ingat ? 

Kalau kamu pernah membaca teks di buku tentang pengetahuan umum seperti, fatamorgana, pelangi,hujan, banjir, gunung meletus. Nah, itu merupakan contoh teks eksplanasi.

Contoh Teks Eksplanasi tidak hanya kamu temukan dalam buku saja, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari sering melihat teks eksplanasi, seperti dalam media berita fisik maupun online.

Teks Eksplanasi bertujuan pembaca bisa mendapatkan informasi yang jelas, sehingga penulis dalam menuliskan teks eksplanasi harus menjelaskan kejadian/fenomena dengan prosesnya serta hubungan sebab-akibat, karena setiap kejadian/fenomena pasti ada proses dan sebab akibatnya. 

Sebelum melihat contoh teks eksplanasi, ayo kita pelajari dulu tentang pengertiannya, ciri-ciri dan strukturnya. 

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi
Sumber gambar: Pexels (Ekrulila)

Teks Eksplanasi merupakan susunan kalimat berbentuk paragraf yang isi teksnya tentang informasi kejadian/fenomena beserta prosesnya.

Kejadian tersebut bisa berupa kejadian alam maupun kejadian sosial di sekitar manusia. Inti dari teks eksplanasi ialah memiliki hubungan sebab-akibat dan proses.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

  1. Berdasarkan Fakta

Dalam teks eksplanasi mengandung fakta yang dirangkai secara berurutan dan hubungan sebab akibat. Jadi, teks eksplanasi bisa berguna untuk menguatkan suatu kebenaran yang ada.

  1. Kejadian yang ditulis memiliki mengandung pengetahuan umum

Melalui teks eksplanasi, setiap kejadian yang terjadi di sekitar kita tidak hanya diamati dan dirasakan saja, tetapi juga digunakan sebagai pembelajaran.

Hal tersebut untuk mengetahui mengapa kejadian tersebut bisa terjadi. Jadi, tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa.

Sifatnya informatif dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.

3. Menggunakan kata penanda urutan.

Fokus pada hal umum (generik), bukan partisipan manusia. Contoh: tsunami, banjir, gempa bumi, hujan, dan lainnya.

  1. Bersifat informatif dan tidak mempengaruhi pembaca.
  2. Menggunakan kalimat yang menyatakan urutan tulisan
  3. Fokus pada pengetahuan umum

Baca juga: Lengkap! Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Karyawan

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi
Sumber gambar: Pexels (Alexander Mils)

Dalam membuat teks eksplanasi, anda harus mengetahui bahwa teks eksplanasi disusun berdasarkan tiga struktur, yaitu:

  1. Pernyataan Umum 

Dalam bagian ini anda bisa menuliskan secara umum, kejadian yang dibahas. Inti bagian pernyataan umum, pembaca dapat paham tentang proses kejadian/fenomena terjadi.

Bagian ini juga bisa disebut dengan pembuka, karena anda menjelaskan gambaran secara umum. 

  1. Urutan Sebab Akibat 

Pada bagian ini anda menjelaskan penyebab kejadian/fenomena, dan yang diakibatkan. Bagian urutan sebab dan akibat juga bisa disebut dengan isi karena menjelaskan lebih lengkap. 

  1. Interpretasi

Pada bagian interpretasi anda menuliskan kesimpulan dari kejadian/fenomena tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi

Sebelum melihat  contoh teks eksplanasi, perlu diketahui dalam teks eksplanasi juga memperhatikan  teknik bahasa yang akan digunakan seperti:

  1. Dalam contoh teks eksplanasi menggunakan kalimat pasif.
  2. Dalam contoh teks eksplanasi juga menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Konjungsi kausal adalah kata hubung yang menunjukkan sebab dan akibat, seperti oleh karena itu, oleh sebab itu, karena, sebab, dan lainnya. 
  3. Nah ini yang penting! Dalam contoh teks eksplanasi, terdapat istilah ilmiah.
  4. Kata kerja material dan rasional juga terdapat dalam contoh teks eksplanasi. Maksudnya ketika anda menjelaskan subyek sedang melakukan aktivitas. 
  5. Teks Eksplanasi bersifat informatif.

Sudah tau kan, dalam contoh teks ekplanasi akan diberikan struktur dan teknik bahasa seperti yang dijelaskan di atas. Contoh Teks Eksplanasi sebagai berikut:

Contoh Teks Eksplanasi Ekonomi

Pentingnya Wirausaha untuk Ekonomi Negara

  • Pernyataan Umum

Zaman sekarang masyarakat mulai sadar untuk berwirausaha. Dapat dilihat dari lulusan perguruan tinggi lebih memilih untuk membuka lapangan pekerjaan, daripada melamar pekerjaan. 

  • Urusan Sebab Akibat

Wirausaha memiliki banyak peran dalam perkembangan ekonomi negara, seperti dengan membuka lapangan pekerjaan sehingga berdampak untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

  • Interpretasi

Dalam membuka lapangan pekerjaan, apalagi baru merintis pasti ada tantangan maupun hambatan. 

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir

  • Pernyataan Umum

Banjir bukan suatu hal yang baru untuk manusia. Banjir merupakan peristiwa alam yang disebabkan oleh curah hujan berlebih dengan waktu yang lama.

Banjir disebabkan oleh alam dan juga dapat disebabkan oleh tindakan manusia. Banjir yang disebabkan oleh alam, seperti erosi, pengendapan, curah hujan, geofisik dan kapasitas sungai, drainase lahan, dan dampak dari air pasang.

Banjir yang disebabkan oleh manusia antara lain, buang sampah sembarangan, sepanjang bantaran sungai dipadati kawasan penduduk, dan lainnya. 

  • Urusan Sebab Akibat

Dengan membuang sampah sembarang, atau tepatnya di daerah aliran sungai dapat membuat sungai tersumbat. Mengakibatkan air keluar dari sungai karena daya tampung saluran berkurang.

  • Interpretasi

Proses banjir dapat terjadi secara alami dan karena manusia. Manusia yang menempati dataran banjir, juga mendapatkan kerugian karena banjir. 

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Kurikulum Pendidikan di Indonesia

  • Pernyataan Umum

Sistem pendidikan di Indonesia mengalami suatu pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhantersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan. Kurikukulum 2006 berganti dengan kurikulum 2013. 

  • Urusan Sebab Akibat

 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah berstandar Internasional, yang biasa disingkat dengan RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).

Syarat keterjangkauan distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah pelaksana kurikulum 2013. Kemendikbud juga menerangkan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach.

Selain itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara pembelajaran dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia selaku pengelola alam sekitar.

Khususnya mengacu pada pembelajaran yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 lebih menonjolkan praktik daripada hafalan.

Sebab selama ini, peserta didik banyak dibebani hafalan, yang justru dirasa kurang meningkatkan kreativitas. Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin menghasilkan anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, dan afektif.

Dalam kurikulum 2013 setiap peserta didik dibentuk agar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Meutia Hatta, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Selain itu kurikulum 2013 juga menitikberatkan peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga generasi mendatang tetap mempunyai jati diri bangsa Indonesia dan berkualitas.

  • Interpretasi

 Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan dipaksakan.

Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Meskipun, mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang.

Hal ini disebabkan karena mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, namun secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.

Di atas segalanya, harus kita akui bahwa dalam setiap perubahan tentunya memiliki sisi positif dan negatif, serta tidak semua orang suka akan perubahan.

Kita berharap dengan perubahan berlakunya kurikulum 2013 ini akan dihasilkan generasi Indonesia menjadi lebih maju, kreatif, inovatif, produktif,dan berkualitas.

Contoh Teks Eksplanasi Covid

Dampak Covid-19 Terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL)

  • Pernyataan Umum

Pandemi Covid-19 menyebabkan kerugian bagi berbagai sektor, salah satunya Pedagang Kaki Lima (PKL).  Semenjak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), hingga Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan level 1 sampai 4, semua warga dianjurkan untuk mengurangi intensitas keluar rumah.

  • Urusan Sebab Akibat

Dengan adanya pembatasan aktivitas warga, PKL menjadi sepi pelanggan, bahkan tidak ada izin untuk berjualan oleh pemerintah setempat. Oleh karena itu banyak pedagang kaki lima yang mengalami kebangkrutan hingga tutup usaha. 

  • Interpretasi

Pandemi menyebabkan penghasilan PKL menurun hingga tutup usaha. 

Kesimpulan

Itulah contoh teks eksplanasi, lengkap dengan pengertian, ciri-ciri, dan struktur. Semoga dapat membantu kamu untuk menemukan ataupun membuat teks eksplanasi.

Leave a Comment