Macam-Macam Narkoba Yang Harus Anda Ketahui

BACAAN.NET – Narkoba masih menjadi musuh utama di Indonesia. Keberadaan narkoba sangat mengkhawatirkan jika sudah menyentuh generasi muda. Transaksi jual beli narkoba yang belum terdeteksi aparat sangat marak di tengah masyarakat. Badan Narkotika Nasional (BNN) terus melakukan upaya dalam memberantas penyebaran barang haram tersebut.

Perlu diketahui, narkoba adalah narkotika dan obat-obatan terlarang atau bahan/zat adiktif yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis seperti pikiran, perasaan, dan perilaku. Perubahan fisik bagi pecandu narkoba juga sangat jelas.

Sebagian golongan narkotika memang digunakan dikalangan medis sebagai obat penenang. Tentunya dengan takaran dan dosis yang sesuai dari dokter. Apabila obat-obatan itu dikonsumsi tanpa resep dari dokter pasti akan menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan.

Yuk, kenali macam-macam narkoba beserta efek samping bagi tubuh serta bahayanya jika sudah menjadi pecandu.

Macam-Macam Narkoba

1.  Sabu-Sabu

Bernama lain methamphetamine yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Sabu-sabu termasuk jenis narkoba yang bersifat adiktif dan dapat memengaruhi syaraf. Bentuknya mirip dengan kokain, sabu-sabu berupa bubuk kristal putih. Namun, sabu-sabu tidak berbau  dan pahit. Adapun efek yang ditimbulkan berupa masalah kesehatan seperti:

–          Napas terasa lebih cepat

–          Nafsu makan turun

–          Kulit kusam

–          Mulut kering

–          Detak jantung lebih cepat dan tidak teratur

–          Gigi patah atau bernoda

2.  Morphin

Nama morphin berasal dari kata morphes yang dalam bahasa yunani kuno berarti dewa pemimpi. Morphin termasuk jenis alkaloid analgesik yang bekerja pada sistem saraf pusat sebagai penghilang rasa sakit. Morphin juga termasuk jenis narkoba yang kerap disalahgunakan oleh kalangan masyarakat.

Adapun efek samping yang ditimbulkan sebagai berikut:

–          Menimbulkan euphoria

–          Menurunkan kesadaran

–          Sering berkeringat

–          Menimbulkan kecemasan dan kegelisahan

–          Mengalami kejang lambung

–          Air seni menjadi berkurang dan terganggu

–          Orang merasa kebingungan

–          Dapat mengganggu menstruasi pada wanita

–          impotensi

3.  Bath Salt

Narkoba jenis ini berbentuk bubuk kristal yang mudah dihirup, ditelan, hingga disuntikan oleh penggunanya. Bath salt termasuk pada golongan adiktif yang dapat menyebabkan penggunanya ketergantungan dan menimbulkan euforia. Hampir mirip dengan kokain atau metamfetamin, namun Bath Salt dapat menimbulkan efek kesehatan yang lebih serius.

–          Halusinasi

–          Psikosis

–          Jantung berdebar kencang

–          Tekanan darah tinggi

–          Nyeri dada

–          Dehidrasi

–          Gagal ginjal

–          kematian

4.  Heroin

Bernama lain Putaw termasuk golongan adiktif yang sering disalahgunakan. Mengkonsumsi heroin dapat memunculkan perasaan senang dan tenang bagi penggunanya. Masalah kesehatan yang muncul akibat penyalahgunaan Heroin ialah:

–          Mulut kering

–          Pupil menyempit

–          Sesak napas

–          Kemerahan pada kulit

–          Mual-mual

–          Hipotensi

–          Kejang

–          Kaku otot

–          Kematian

5.  Opium

Opium salah satu jenis narkoba yang berasal dari tanaman papaver somniferum yang umumnya berbentuk bubuk. Opium ternyata juga mengandung morfin yang biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Efek yang ditimbulkan dari penyelahgunaan opium ini seperti:

–          Sering merasa pusing

–          Memiliki semangat yang tinggi

–          Merasa waktu berjalan begitu lambat

–          Merasa sibuk sendiri

–          Birahi meningkat

–          Timbul masalah kulit pada bagian mulut dan leher

6.  Kokain

Mengkonsumsi kokain secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan sistem syaraf. Narkoba jenis kokain berasal dari ekstrak tanaman koka yang berbentuk kristal putih. Penggunanya bisa memengaruhi pelepasan dopamin yaitu rasa gembira yang berlebihan. Jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol dapat mengakibatkan kematian. Adapun efek kesehatan yang ditimbulkan dari mengkonsumsi kokain sebagai berikut:

–          Merusak usus

–          Kehilangan nafsu makan dan kekurangan gizi

–          Depresi dan kecemasan yang berlebihan

–          HIV dan hepatitis C

7.  Ganja

Ganja berasal dari tanaman Cannabis Sativa, dimana daun, bunga, batang dan bijinya mengandung psikoaktif. Kandungan tersebut dapat memengaruhi kinerja otak. Mengkonsumsi ganja dapat menimbulkan sensasi tubuh, perasaan, dan otak. Dikalangan medis, ganja digunakan untuk terapi multiple sclerosis (MS), penyakit Alzheimer, dan penyakit Crohn. Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi ganja ialah :

–          Gangguan kognitif atau daya pikir yang melemah

–          Detak jantung semakin cepat

–          Serangan jantung

–          Halusinasi

Bahaya dari penyalahgunaan narkotika tentu tidak main-main ya. Selain menimbulkan masalah kesehatan juga berimbas pada kehidupan sosial. Stop narkoba dan obat-obatan terlarang dari sekarang.  

itu dia macam-macam narkoba yang kerap disalahgunakan dikalangan masyarakat indonesia. 

Simak video YouTube berikut ini sebagai pelengkap informasi yang sudah kami sampaikan:

Gambar: Colin Davis

Leave a Comment